Minggu, 13 April 2014

Membuat Powerbank dengan baterai AA 1,5 Volt

| Minggu, 13 April 2014 | 12 komentar

Portable power banks atau biasa disebut powerbank, merupakan aksesoris pendamping gadget yang mungkin sudah sangat familier dikalangan pengguna smartphone maupun tablet PC. banyak ragam maupun brand yang beredar di pasaran saat ini, sehingga pengguna bisa mendapat lebih banyak pilihan.

Pada posting kali ini saya coba membahas bagaimana membuat Powerbank dengan menggunakan bahan baterai AA 1,5 Volt yang sering anda jumpai di kehidupan sehari-hari. baterai ini biasanya digunakan untuk mini 4wd Tamiya, remote TV, jam dinding, mainan anak, kamera saku, dll. seperti yang kita tahu, output powerbank adalah 5 Volt, lalu bagaimana caranya baterai AA bisa diubah menjadi 5 Volt supaya bisa digunakan untuk mencharge gadget? jawabnya adalah dengan menggunakan modul atau kit DC-DC step up converter, yang gunanya adalah mengubah tegangan baterai AA menjadi 5 Volt.
satu baterai AA standar dalam keadaan fresh mempunyai tegangan 1,5 Volt, dan bila 2 baterainya disusun secara seri maka akan menghasilkan tegangan total 3 Volt, nah tegangan inilah yang akan diubah menjadi 5 Volt oleh rangkaian converter tersebut. hal ini sudah pernah saya bahas dalam posting berikut ini ---> Powerbank dengan rangkaian DC-DC step up converter.

gambar dibawah ini adalah modul atau kit DC-DC step up converter yang saya gunakan untuk Powerbank ini, produk converter tersebut saya pesan di Ebay, harganya pun cukup murah sekitar 2$ saja. untuk detailnya silakan baca pada posting saya ---> Asik kiriman barang Ebay telah datang.




dalam test saya menggunakan 2 baterai AA yang digunakan sebagai sumber tenaga Powerbank dengan disusun secara seri, sehingga tegangan totalnya menjadi 3 Volt, sedangkan arus totalnya tetap. saya menggunakan 2 baterai AA yang identik, baik jenisnya (baterai karbon) dan juga brandnya.


Uji Coba
dalam uji coba ini saya menggunakan Tablet PC Ainol Aurora yang indikator baterainya 55 % kemudian tablet PC itu saya matikan dan langsung dicharge. setelah dicharge sekitar 30 menit, Tablet PC itu saya nyalakan kembali, dan hasilnya di Tablet tertera indikator baterai naik menjadi 66 %. hal ini menandakan kit atau modul DC-DC converter tersebut bisa berjalan dan bekerja dengan baik. saat mencharge tersebut lampu LED indikator di modul converter menyala berkedip-kedip. dibawah ini fotonya bisa dilihat saat saya mencharge Tablet PC Android dengan Powerbank buatan ini:


bagi yang belum puas dengan hanya melihat gambar diatas, silakan untuk melihat bukti videonya yang sudah saya unggah di Youtube, dengan klik DISINI, atau bisa juga klik di bawah ini:


silakan kunjungi juga beberapa posting terkait berikut:

>> Membuat Powerbank dari baterai HP bekas
>> Butuh baterai baru untuk Tablet Android anda?
>> Bedah powerbank murah UNOs 150 Ribuan Rupiah
>> Membongkar Tablet PC, ada apa di dalamnya?

12 komentar:

Anton J. Maulana mengatakan...

wah ini nih yg ane cari2 gan.. nice share gan. tq (y)

admin mengatakan...

@Anton J. Maulana: terima kasih Gan, sudah mampir di blog ini. semoga posting saya ini bisa bermanfaat buat semua...

Tentang Harga mengatakan...

waaah kreatif banget gan bisa bikin kaya gtu :D

admin mengatakan...

@Tentang Harga: kamu juga bisa kok membuat yang seperti itu, asal ada bahannya, terus dirangkai sendiri deh... :)

ahmad zuber mengatakan...

gan alat itu dah ada yang jual di tokopedi*

xpandro-id mengatakan...

@Ahmad Zuber: iya Gan, baru saya cek sudah ada yang jual. jadi bagi teman-teman pembaca yang ingin beli bisa langsung disana. kalau saya biasanya beli di Ebay karena saya punya saldo di Paypal...

peggy pratama mengatakan...

Bg misalnya saya mau membuat dg 4 batrai sell
Sususan nya gimana bg ?
Trus caranya juga sama dg yg diatas ?
Memakai dc dc converter 5v kah ?

xpandro-id mengatakan...

@Peggy : intinya tegangan yang masuk (input) modul DC-DC converter adalah diusahakan sekitar 3 Volt, karena satu buah baterai AA tegangannya 1,5 Volt maka perlu disusun seri supaya tegangannya menjadi 3 Volt. untuk 4 buah baterai maka disusun kombinasi seri-pararel yaitu 2 buah baterai seri disusun pararel dengan 2 buah baterai seri, jadi tegangan totalnya tetap di 3 Volt dan arus totalnya menjadi 2 kali dari arus baterai.

sutarno jayadi mengatakan...

modul dc -dc sma dngn charger mobil

xpandro-id mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Githa Wijaya mengatakan...

Apa bisa di isi ulang gan,batrry AA klo sdh jdi di rangkai sperti gambar td.apa cm sekali pake aja

xpandro-id mengatakan...

@Githa Wijaya: kalau pakai baterai AA biasa ya normalnya tidak bisa diisi ulang. kalau mau membuat yang bisa diisi ulang, saya sarankan memakai baterai AA rechargeable yang branded minimal @2000 mAh seperti merk Sony, Eneloop, Sanyo, dll.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com