Rabu, 04 Juni 2014

Membuat Powerbank dengan kapasitas besar

| Rabu, 04 Juni 2014 | 23 komentar

Kali ini saya sebagai admin blog Xpandro blogspot mencoba membahas kembali tentang Powerbank, sebelumnya saya sudah membahas cara membuat Power bank yang disusun dengan menggunakan baterai AA, dan dengan rangkaian DC-DC step up converter, silakan simak pada posting berikut ---> Membuat Powerbank dengan baterai AA 1,5 Volt

karena modul DC-DC step up converter yang saya gunakan ini bisa digunakan dengan input tegangan sumber 3 Volt atau lebih, maka baterai tipe 18650 yang tiap baterainya mempunyai tegangan 3,7 Volt bisa digunakan dengan baik. trik untuk memperbesar kapasitasnya adalah dengan menyusunnya secara pararel, semakin banyak baterai yang dipararel maka semakin besar kapasitas penyimpanan. saya sarankan menggunakan baterai yang identik yaitu baterai yang kapasitas dan kondisinya sama.


saya mencoba merangkai Power Bank secara pararel dengan 2 buah baterai 18650 dengan masing-masing berkapasitas 2400 mAH, jadi secara teori kapasitas totalnya menjadi 4800 mAH, tapi kenyataannya mungkin hanya sekitar 4200 mAH karena baterai yang saya gunakan adalah baterai bekas yang saya ambil dari modul baterai laptop. jadi kondisinya tidak bisa disamakan dengan baterai baru. di Indonesia banyak yang jual baterai 18650 brand China seperti merk Ultrafire, tapi hati-hati merk Ultrafire ini banyak yang kapasitas aslinya tidak sesuai dengan yang tertera, anda bisa terkecoh. lebih baik mencari baterai yang branded seperti merk Samsung, Sanyo, atau Panasonic, baterai branded tipe 18650 masih jarang yang jual di Indonesia, tapi mudah ditemui jika anda mencarinya di situs Ebay. saya sudah beberapa kali pesan barang di Ebay, silakan simak pada posting saya ---> Asik kiriman barang Ebay telah datang
cara lain untuk mendapatkan baterai 18650 adalah dari copotan modul baterai laptop bekas, atau dari Powerbank bekas.

hitungannya jika efisiensi DC-DC converter yang saya gunakan adalah 90 % maka kapasitas maksimum efektif power bank tersebut adalah sekitar 3780 mAH. berikut dibawah ini adalah power bank yang saya rakit:


hasil test yang saya lakukan menunjukkan:
gadget yang saya gunakan adalah Tablet PC Ainol Aurora dengan kapasitas baterai 3700 mAH,  saat saya matikan baterainya menunjukkan 12 % sisa power. kemudian Tablet PC tersebut saya charge selama 4 jam, setelah itu Tablet PC saya nyalakan kembali dan hasilnya level baterainya naik ke 96 %.


baterai 18650 yang ada di Power bank saya ukur tegangannya turun di 3,2 Volt dari semula yaitu 4,1 Volt. untuk mengisi kembali baterai 18650 di Powerbank ini saya menggunakan adaptor 5 Volt. baterai 18650 yang dalam keadaan kosong bisa juga dicharge dengan charger untuk baterai18650 (seperti yang digunakan pada baterai lampu senter police).

untuk video pembuktian & dokumentasinya, bisa dilihat videonya di Youtube dengan klik DISINI atau bisa juga dengan klik gambar dibawah ini:


23 komentar:

inan sahikin awal mengatakan...

Nice tapi itu. . .
Rangkaian komponen Flip flop'y dari mana??

xpandro-id mengatakan...

@Inan Sahikin Awal: itu rangkaian modul converter step up DC-DC yang fungsinya mengubah sumber tegangan sekitar 3 Volt menjadi 5 Volt, sehingga outputnya bisa digunakan untuk mencharge beragam gadget mulai dari Smartphone Android, Tablet PC, dll. gadget zaman sekarang butuh tegangan charging yang standardnya adalah 5 Volt.
modul converter tersebut saya peroleh dengan membeli di Ebay, untuk lengkapnya silakan baca pada posting saya di link ini:
http://xpandro-id.blogspot.com/2014/04/asik-kiriman-barang-ebay-telah-datang.html

EmoN mengatakan...

itu untuk baterai 1 cell, apabila dengan baterai 3 cell rangkaiannya gmn gan??

xpandro-id mengatakan...

@EmoN: yang diatas posting itu 2 cell Gan, coba lihat lagi gambarnya.
untuk yang 3 cell, rangkaiannya sama Gan, baterai 3 cell tersebut disusun berjajar lalu dihubungkan secara pararel.

Januar Dwiantoro mengatakan...

Gan kalo 4 cell kira-kira bisa ga ?

xpandro-id mengatakan...

@Januar Dwiantoro: bisa Gan....

Januar Dwiantoro mengatakan...

Oke makasih ya mas (y)

Januar Dwiantoro mengatakan...

Oh iya gan saya lupa kalo 4 cell nyusun nya gimana ? Atau sama aja di pararelkan?

xpandro-id mengatakan...

@Januar Dwiantoro: kalau pakai 4 cell baterai tipe 18650 maka tetap disusun secara pararel, karena tegangan baterai tipe 18650 sudah diatas 3 Volt yaitu di kisaran 3,7 Volt. jadi kalau disusun pararel maka tegangan totalnya tetap sedangkan kapasitas penyimpanan akan meningkat (penjumlahan total dari kapasitas penyimpanan semua baterai).

Yudis Grd mengatakan...

Gan. Itu kalo mau nge charger PowerBanknya gimana?

xpandro-id mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

xpandro-id mengatakan...

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

xpandro-id mengatakan...

@Yudis Grd: cara mencharge baterai secara manual Gan, baterai dicharge dengan adapter 5 Volt (saya memodifikasi adapter HP bekas yaitu pada bagian ujung kabel outputnya yang saya ganti dengan penjepit buaya kecil atau clamp, sehingga bisa dijepit langsung di kutub baterainya).
output positif adaptor dihubungkan dengan kutub positif baterai dan output negatif adaptor dihubungkan dengan kutub negatif baterai. hentikan proses charge jika tegangan baterai sudah mencapai sekitar 4,2 Volt. sayangnya hal ini dibutuhkan bantuan multitester untuk mengecek tegangannya tersebut....

farhan ali mengatakan...

Mas kalo usb out putnya nyari dmana mas hehe masih awam nih

xpandro-id mengatakan...

@Farhan Ali: itu modul DC-DC converter gan, fungsinya mengubah tegangan baterai 18650 dari 3,7 Volt menjadi 5 Volt, sehingga bisa digunakan untuk mencharge Gadget. saya mendapatkan barangnya dari membeli di Ebay, kalau di Indonesia setahu saya juga ada yang jual secara online, coba aja cek di Google.

Adi Putra mengatakan...

Mas kalau pb bekas mau dimodif bisa ga..

xpandro-id mengatakan...

@Adi Putra: Powerbank bekas bisa gan dimodif, misalnya untuk menaikkan kapasitasnya maka bisa dengan menambah jumlah baterai 18650 dan dihubungkan secara pararel.

Unknown mengatakan...

Om, itu kn step up modulnya 600mAh, itu maks outputnya atau inputnya? Kl outputnya apa gk lama proses charging nya ke hp atau tablet?

xpandro-id mengatakan...

@Unknown: 600 mA itu output arusnya Gan, tapi setelah saya ujicoba sendiri ternyata outputnya bisa keluar sampai diatas 1000 mA, tapi resikonya komponen di modulnya jadi agak panas...

nanang mengatakan...

Bang kl inputny 5 volt dijumper ke - + pd modul batrainy aman gk? Trs semisal gk pakai switch bgm? Thks

xpandro-id mengatakan...

@Nanang: pakai input 5 Volt itu bisa dan diumpan ke modul aman kok Gan, spesifikasi lengkap modul converter yang saya gunakan bisa dilihat di link ini:
http://tinyurl.com/oj23qzd
kalau pengen modul yang kualitasnya lebih bagus bisa dilihat di link ini Gan:
http://tinyurl.com/oxnpny9
tidak pakai switch juga tidak apa, asalkan habis dipakai itu kabel baterainya dilepas supaya modul tidak menyala terus.

vendik widianto mengatakan...

Gan jika pakai batrei AA jumlah 4batang tanpa pakai dcdc.bisa nggak.

xpandro-id mengatakan...

baterai AA 4 buah kalau disusun seri tegangan totalnya keluar sekitar 6 Volt, tegangan 6 Volt tidak aman untuk mencharge, bisa merusak gadgetnya Gan....
coba baterai AA 3 buah saja Gan disusun seri, tegangannya sekitar 4,5 Volt lebih aman karena di bawah standar 5 Volt, tapi mungkin lebih lama waktu untuk mencharge gadget dan kurang efektif.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com