Minggu, 17 Agustus 2014

Mengenal Intel Graphics HD 4000

| Minggu, 17 Agustus 2014 | 6 komentar

Intel HD Graphics 4000 Mobile adalah penerus dari Intel HD Graphics 3000 Mobile.  tertanam pada Intel Ivy Bridge CPU dengan fitur-fitur baru termasuk dukungan DirectX 11, Shader Versi 5.0 dan OpenGL Versi hingga 4.0.   Tingkatan yang dicapai menunjukkan bahwa beberapa game modern seperti Mass Effect 3 dan FIFA 12 berjalan lancar pada pengaturan tinggi sementara yang game modern berat seperti Anno 2070 dan COD: MW3 masih bisa dimainkan dengan tingkat menengah (medium) dengan lancar. Namun, pada game sangat berat seperti Metro 2033 dan Risen 2 memerlukan pengaturan (setting) sangat low dan mungkin tidak menarik bagi kebanyakan gamer casual.   Pada akhirnya, kinerja tergantung pada apakah ada atau tidak memori sistem dual-channel, di mana kecepatan berjalan dan juga pada CPU (prosesor) yang tertanam, karena coreclock maksimum bervariasi dari CPU ke CPU.


Intel HD Graphics 4000 (GT2) adalah kartu grafis prosesor yang termasuk dalam prosesor Ivy Bridge dari 2012 (generasi ke-3 dari prosesor core, misalnya Core i7-3770).  dari clock bawah dapat secara otomatis dioverclock menggunakan teknologi Turbo Boost.  Tergantung pada model prosesor, clock bawah dan turbo clock dapat menghasilkan kinerja grafis yang berbeda pada ULV jika dibandingkan dengan prosesor high-end desktop dan laptop quad-core.

Dibandingkan dengan Intel HD Graphics 3000 di Sandy Bridge CPU , HD 4000 benar-benar didesain ulang dan menawarkan peningkatan kemampuan shader DirectX 11, Hardware Tesselation, cache level 3 berdedikasi (sebelum terakhir Tingkat Cache LLC CPU) dan dukungan DirectCompute.  IPC (instruksi per clock) sehingga dapat 2x lebih cepat dari Sandy Bridge, dan secara keseluruhan hingga 60% lebih kinerja (3DMark Vantage).

Posisi benchmark Intel Graphics HD 4000 (dalam quad core CPU desktop) pada tingkat selevel dengan dedicated Nvidia GeForce GT 330M dan di atas prosesor grafis AMD Radeon HD 6620G . Dalam tes yang dilakukan notebookcheck.net secara ekstensif dengan game, HD Graphics 4000 mampu mengalahkan Radeon HD 6620G pada prosesor Core i7-3820QM sekitar 15%. tapi untuk i7-3610QM dan i5 dual core maka menghasilkan tingkat yang sama dengan 6620G.  Oleh karena itu, gamer casual yang tidak memikirkan mengurangi pengaturan berkualitas di game high end, mungkin senang dengan kinerja Graphics HD 4000 Hati-hati, bahwa Intel Graphics HD 4000 punya clock yang berbeda untuk tiap versi prosesor, kecepatannya tergantung pada model CPU.  untuk prosesor ULV (Core ix-3xx7U) misalnya, memiliki kecepatan clock yang lebih rendah dan tidak bisa mempertahankan frekuensi Turbo sebagus pada model 35-55 Watt.  Oleh karena itu, performa versi ULV adalah sekitar 30% lebih lambat dari rata-rata.

Khusus GPU Ivy Bridge adalah bahwa fitur 4x MSAA sudah didukung dalam hardwarenya. Namun, untuk 2x MSAA hanya didukung melalui perangkat lunak (software).  Algoritma untuk mendukung 2x akan melalui pipeline 4x dengan algoritma perangkat lunak, sehingga kinerja mirip dengan 4x MSAA.

Decoder video terintegrasi yang disebut Multi Format Codec Engine (MFX) juga ditingkatkan dan harus memungkinkan bahkan 4K decoding video secara simultan.  DXVAChecker berisi MPEG2, VC1, WMV9, dan H264 sebagai codec yang didukung. QuickSync untuk transcoding cepat video juga dioptimalkan untuk kinerja yang lebih tinggi dan kualitas gambar yang lebih baik.

Fitur baru lainnya adalah dukungan untuk hingga 3 display independen (tergantung pada bagaimana HD 4000 yang digunakan di laptop - mungkin hanya dengan DisplayPort / EDP) sebagaimana AMD menawarkan dengan dukungan Eyefinity mereka (hingga 6 layar).

Karena proses produksi 22nm 3D Tri-Gate, konsumsi daya relatif rendah (difokuskan pada kinerja per Watt).  TDP dari seluruh paket (termasuk prosesor dan memory controller) bervariasi antara 18 Watt (ULV) hingga 45 Watt (mobile quad core) untuk CPU laptop.

Benchmark Intel HD 4000 dan game yang dimainkan bisa dilihat dengan klik DISINI.
Review pada salah satu blog Indonesia tentang Intel HD 4000 dan game yang bisa dimainkan bisa dilihat dengan klik DISINI.

silakan kunjungi juga posting lainnya berikut ini:
>> Cara mengoptimalkan performa AMD APU untuk game
>> Membuat baterai eksternal laptop versi 2
>> Pengalaman saya mendinginkan laptop Acer yang panas
>> Cara setting Dead Trigger 2 High Setting (Mali 400)
>> Bandicam alternatif pengganti Fraps yang handal

6 komentar:

Esa Gautama mengatakan...

Klo f1 2014 utk intel (R) hd graphics 4000 bsa gak

xpandro-id mengatakan...

@Esa Gautama: bisa gan, karena game F1 2014 spesifikasi minimum setidaknya butuh intel HD 3000, dan HD 4000 itu performanya diatas HD 3000.

Yani Aja mengatakan...

bisa buat main pes nggk Intel(R) HD Graphics Family ‎(PS5.0/VS5.0)‎

xpandro-id mengatakan...

@Yani Aja: setahu saya Intel HD bisa memainkan PES 2013 dan PES 2014, silakan baca pada posting saya di link berikut:
http://xpandro-id.blogspot.com/2015/02/tips-supaya-bisa-main-game-pes-2013.html

Desi Komari mengatakan...

Klo untuk desain kayak corel,autocad sm sketchup gmn gan?

xpandro-id mengatakan...

dalam beberapa hal, aplikasi program kadang tidak mau menggunakan integrated graphics (bahkan jika dipaksa untuk menggunakannya dengan cara klik kanan dan run). kalaupun integrated graphics bisa digunakan maka performanya tidak sebagus pada dedicated graphics. jadi pertimbangkan lagi sebelum memilih menggunakan Intel HD 4000 untuk program anda... saya lebih menyarankan untuk menggunkan dedicated graphics dari AMD Radeon atau Nvidia GeForce. sebagai bahan referensi tambahan silakan baca pada link berikut:
http://www.tomshardware.com/forum/id-765933/intel-graphics-4000.html

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com