Selasa, 14 April 2015

Membuat Powerbank dengan baterai Li-Ion Smartphone

| Selasa, 14 April 2015 | 2 komentar

Sebelumnya saya sudah membahas di blog Xpandro-id ini, beberapa Powerbank buatan saya sendiri yang dibuat dengan bahan baterai yang beragam, berikut ini beberapa postingan yang saya maksud tersebut:


pada kesempatan ini saya akan bahas Powerbank yang dibuat dengan bahan Baterai Li-Ion berbentuk kotak dari baterai smartphone atau baterai cell phone, nah baterai yang saya gunakan sebagai contoh adalah baterai Sony Ericsson BST-41 3.6V 1500mAh, baterai ini saya ambil dari smartphone Sony Ericsson Aspen M1i. seperti baterai smartphone pada umumnya, jenis baterai ini adalah jenis Li-Ion 3,6 Volt sehingga untuk mengubahnya menjadi 5 Volt dibutuhkan modul DC-DC converter step up. modul converter ini harganya cukup murah, saya membeli di Ebay per buah harganya sekitar 1$ saja. 

supaya lebih jelas, berikut saya sertakan link video Youtube dari Powerbank yang saya buat dari bahan baterai smartphone, video ini berisi skema rangkaian dan bukti test, silakan klik DISINI untuk mengunjungi video tersebut, atau dengan klik gambar di bawah ini:


saya menguji coba powerbank itu untuk mengisi ulang ASUS Zenfone 4, dan powerbank ini bisa berfungsi dengan baik, setelah 15 menit baterai Zenfone 4 yang semula 11% naik menjadi 17%. powerbank buatan saya ini ditenagai baterai smartphone yang kapasitasnya cukup kecil yaitu cuma 1500mAh sehingga hanya cocok digunakan untuk mengisi ulang gadget Android yang punya baterai berkapasitas kecil seperti Zenfone 4. untuk membuat Powerbank dengan kapasitas yang lebih besar maka diperlukan beberapa buah baterai smartphone yang disusun secara pararel.

silakan kunjungi juga beberapa posting menarik lainnya:

2 komentar:

peggy pratama mengatakan...

Bg kalau dc dc converter yg dibutuhkan output nya cuma 5v,klau 12v gimana bg output nya,dan berapa volt inputnya,dan bisakah mencharger android ?

xpandro-id mengatakan...

@Peggy: device smartphone Android biasanya menggunakan tegangan standar 5 Volt untuk charging, bila menggunakan tegangan charging 12 Volt maka itu melampaui batas dan bisa merusak device Android. untuk itulah sumber tegangan 12 Volt misal dari aki bisa diubah dahulu menjadi 5 Volt dengan menggunakan DC-DC step down converter, kemudian output 5 Volt bisa digunakan untuk mencharge, step down converter bisa dicari modulnya di Buk*lapak atau Tok*pedia.
sebaliknya untuk mengubah tegangan dari 5 Volt menjadi 12 Volt diperlukan modul DC step up converter, modulnya berbeda dengan yang digunakan dalam posting ini. modul ini juga bisa dicari di Buk*lapak dan Tok*pedia.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com