Selasa, 05 Januari 2016

Praktek membuat Solar Charger 4 Watt

| Selasa, 05 Januari 2016 | 0 komentar

Solar charger yang saya rakit ini punya efisiensi cukup tinggi karena komponennya saya pilih punya kemampuan konversi daya tinggi atau efisiensi tinggi.  misalnya pada solar panel menggunakan jenis monocrystaline, solar panel ini lebih efisien karena menghasilkan daya lebih besar daripada jenis polycrystaline dengan ukuran yang sama. pada regultor tegangan saya pilih menggunakan modul converter XL4005 karena konversi daya yang efisien yaitu sekitar 90%, kalau menggunakan linear regulator tradisional seperti LM7805, konversi daya berada di kisaran 20%.


berikut adalah bahan-bahan yang digunakan:

2 buah Epoxy mini Solar Panel 2 Watt, bisa dibeli dengan klik DISINI.
(diklaim oleh penjual bisa 3 Watt, tapi setelah saya test power yang keluar sekitar 2 Watt)

1 buah  modul XL4005 Adjustable Step Down Converter , bisa dibeli dengan klik DISINI.

1 buah soket USB female, dan kabel secukupnya sebagai konektor.

total biaya yang dibutuhkan untuk mengumpulkan bahan diatas adalah dikisaran 15 $.

konstruksi solar charger 4 Watt rakitan sendiri

saya menggunakan modul XL4005 step down DC-DC converter karena mempunyai efisiensi yang lebih baik bila dibandingkan menggunakan IC regulator LM 7805, LM 7805 mempunyai efisiensi rendah dan banyak daya yang terbuang menjadi panas. dengan penggunaan modul XL4005 daya listrik dari solar panel bisa dioptimalkan penggunaannya.

sebenarnya solar charger ini outputnya tidak sampai 4 Watt (2x2 Watt solar panel) tetapi mendekati 4 Watt karena ada pengurangan efisiensi daya dari modul converter. untuk skema rangkaian, konstruksi, hasil rakitan, test, dan hasil test bisa dilihat pada video saya di Youtube, silakan klik pada gambar dibawah ini:


sesuai dengan hasil test, solar charger ini bekerja dengan baik di hari yang cerah dengan sinar matahari langsung atau sedikit berawan, tetapi proses charging akan lambat jika kondisi awan medium sampai awan tebal, dan tidak akan bekerja sama sekali jika hari gelap karena awan tebal dan hari hujan.
saya mengujinya dengan Tablet PC Ainol Aurora yang memiliki kapasitas baterai yang besar, dan dengan solar charger 4 Watt, dapat bekerja dengan baik (lihat test dan hasil test di video saya). saya rasa solar charger ini lebih cocok untuk mengisi smartphone dengan layar 4 sampai 5 inch yang biasanya mempunyai kapasitas baterai antara 1500 mAh sampai 2500 mAh.

untuk konsep solar charger 8 Watt cara kerja dan prinsipnya hampir sama, silakan perhatikan gambar dibawah ini:


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com