Senin, 07 Maret 2016

Membuat baterai eksternal laptop versi 2

| Senin, 07 Maret 2016 | 0 komentar

Membuat baterai eksternal laptop dengan aki (versi pertama) sudah pernah saya bahas dalam posting saya --> membuat sendiri baterai eksternal laptop.  dalam posting tersebut saya menggunakan 2 buah aki sebagai bahan utama, dalam posting kali ini saya ingin membahas pembuatan baterai eksternal laptop versi lain (versi kedua) dengan bahan utama berupa baterai 18650.

untuk membuat baterai eksternal laptop dengan baterai li-ion 18650, saya mencobanya dengan menggunakan 5 baterai 18650 bekas dengan kondisi yang hampir sama dirangkai seri sehingga jika baterai full tegangan seri totalnya adalah (5 x 4,2 Volt =  21 Volt). tegangan sebesar 21 Volt walaupun adalah diatas tegangan standar untuk laptop yang biasanya 19 volt hal ini masih aman digunakan untuk laptop karena di dalam mainboard laptop terdapat regulator tegangan. 21 Volt termasuk nilai tegangan yang masih bisa ditoleransi oleh laptop yang biasa menggunakan tegangan 19 Volt.

TEST
dalam test saya menggunakan 5 baterai 18650 bekas dengan body warna abu-abu dan tanda kode LR1865SF. baterai ini jika dalam kondisi baru mempunyai kapasitas 2200 mAh, karena saya menggunakan baterai bekas maka kapasitas tiap cell sudah berkurang nilainya yaitu dibawah 2200 mAh. dari test, baterai eksternal ini bisa menghidupkan laptop Acer Aspire 4250 (tanpa baterai internal) selama kurang lebih 45 menit. saya perkirakan jika menggunakan baterai 18650 baru, itu bisa menghidupkan laptop untuk sekitar 1,5 jam. lama waktu penggunaan dan daya tahan baterai eksternal ini saat digunakan adalah tergantung pada kapasitas baterai, semakin besar kapasitas baterai maka akan semakin lama untuk digunakan.

untuk gambar rangkaian eksternal baterai laptop versi 2, uji coba, dan hasil test, silakan lihat pada video berikut di Youtube, klik pada gambar di bawah ini:


jika Anda membuat seperti rancangan di posting ini, pastikan baterai-baterai 18650 yang digunakan berada dalam kondisi yang sama (merek, tipe, dan kapasitas). usahakan tidak mencampur baterai yang kondisinya baik dengan baterai kondisi drop. jangan gunakan baterai dengan kapasitas yang berbeda. segera hentikan dan cabut baterai eksternal ini jika Anda merasakan ada panas yang signifikan pada baterai selama digunakan.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com