Minggu, 17 Juli 2016

Rangkaian Subwoofer Filter aka Low Pass Filter

| Minggu, 17 Juli 2016 | 8 komentar

Rangkaian Subwoofer Filter atau juga dikenal sebagai Low Pass Filter digunakan sebagai penunjang dalam sistem audio yang dilengkapi dengan Sub Bass yang biasanya tidak bisa dihadirkan oleh sound sistem stereo yang mengandalkan tone control biasa.
sistem audio yang dilengkapi subwoofer biasanya banyak ditemukan dalam sistem audio di mobil, home theater, atau Multimedia sound system. rangkaian yang ditampilkan dalam posting kali ini sudah dilengkapi fitur pengatur frekuensi, hal ini memungkinkan penggunanya untuk secara eksklusif menetapkan frekuensi yang lebih rendah untuk output subwoofer-nya.

Setelah rangakaian ini diatur oleh pengguna pada titik cutoff tertentu, semua frekuensi rendah dari cutoff akan diteruskan, sementara frekuensi yang lebih tinggi akan dinonaktifkan atau disaring. rangakaian ini dapat digunakan bersama dengan filter high pass atau tone control bass treble, dan masing-masing output diumpankan ke speaker yang tepat, maka akan menciptakan gambaran audio yang "penuh" yang melingkupi range frekuensi yang lengkap. Umumnya, frekuensi rendah seperti gitar bass dan bass drum kurang dapat direproduksi melalui speaker coned yang berukuran kecil, dalam posting saya yang berjudul  "Membuat box speaker Subwoofer desain sendiri"  saya mengunakan speaker Subwoofer dengan diameter 6,5 inch yang cukup digunakan untuk melengkapi sistem multimedia di dalam rumah.

Sebuah subwoofer dirancang untuk menangani frekuensi yang lebih rendah, memberikan hentakan audio yang lebih mendalam untuk setiap audio ber-frekuensi rendah. Sebuah rangkaian low pass filter akan meningkatkan ujung bawah dari spektrum suara yang dihasilkan sistem audio, ini karena chennel audio yang dibersihkan dari frekuensi yang lebih tinggi sehingga subwoofer anda mendapatkan hanya frekuensi yang diinginkan yaitu frekuensi rendah sub-bass.
Dengan bermain dengan titik cutoff, Anda dapat menemukan posisi pengaturan yang tepat yang memungkinkan menemukan frekuensi yang tepat, sehingga suara sub-bass yang terdengar pas sesuai dengan selera. Dengan speaker lain yang digunakan untuk penanganan frekuensi yang lebih tinggi, Anda dapat men-tweak secukupnya untuk performa yang optimal.

dalam posting ini saya akan membahas Subwoofer Filter dengan IC Op-Amp TL 072. Sirkuit ini bisa dikatakan cukup sederhana, karena hanya membutuhkan satu komponen aktif yaitu IC op-amp. komponen aktif dalam rangkaian ini menggunakan satu IC Op-Amp TL 072. bila sulit ditemui maka bisa diganti dengan yang IC lain yaitu IC Op-Amp LM 062 dan TL 082. rangkaian dan skematik dapat dilihat di bawah ini:

berikut adalah layout PCB dari rangkaian Filter Subwoofer atau Low Pass Filter untuk audio:

sebelum output masuk ke kotak speaker subwoofer, output dari sirkuit ini harus diberi penguat power amplifier, ​​seperti power amplifier mono OCL 150 Watt.

Low Pass Filter ini sudah dilengkapi dengan kontrol frekuensi, power supply menggunakan daya simetris supply 12 V, 0 V, dan minus 12 V. gunakanlah power supply yang sesuai dan regulator yang baik, hal ini untuk mencegah suara noise yang tidak diinginkan.

Anda dapat membeli kit rangkaian filter subwoofer (Low Pass Filter) yang sudah jadi dan siap pakai di link berikut: http://tinyurl.com/y8xhshtc
atau bisa juga dengan klik pada banner di bawah ini:

8 komentar:

Guruh Siliwangi mengatakan...

gan saya mau tanya untuk subwofer yang 700 watt 12 inchi, apakah perlu menggunakan kit yang dayanya serupa atau bahkan lebih dari speaker subwofernya? atau gimana gan? sementara listrik rumah saya hanya berkapasitas 450 watt apakah bisa memainkan speaker ini?

xpandro-id mengatakan...

@Guruh: gak perlu Gan, pakai yang ampli 300 Watt juga sudah cukup, 700 Watt itu rating maksimum daya yang bisa diterima oleh speaker.

agus sila mengatakan...

Gan mau tanya untuk yang lebih bagus subwoofernya pakek power ic TDA 7293 apa IC MJ2955/2N3055 ..
Mana yg lebih mantap ga?? Terima kasih..

gatot sudarwanto mengatakan...

Cara masangnya gimana gan? Apa di paralel dengan TC?

xpandro-id mengatakan...

@Agus: saya sudah mencoba pakai power ampli OCL (MJ2955&2N3055) dan power ampli dengan TPA3116, lebih mantep yang TPA3116 Gan, menurut saya...
kalau TDA7293 belum pernah mencoba Gan, jadi belum bisa membandingkan.

xpandro-id mengatakan...

@Gatot: betul Gan, inputnya dipararel dengan input Tone Control, karena bisa dibilang rangkaian subwoofer filter ini merupakan "tone control tambahan" untuk nada sub-bass.

paijo londo mengatakan...

Cara untuk merakit filter subwoofer aktif ny gmn mas?sya ngerakit suarany cma plan.
Sub out pake mono 400watt. .mohon bantuannya mas?

xpandro-id mengatakan...

@Paijo: mungkin di kontrol frekuensi perlu disetting dulu Gan, bisa juga ada komponen yang tidak sambung atau ada komponen yang rusak di kit filter. perlu di cek lagi pakai multimeter...

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© Copyright 2010. XPandro-id.blogspot.com . All rights reserved | XPandro-id.blogspot.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com